Site icon NewsIndonesian

Vaksinasi massal COVID-19: TNI-Polri targetkan 1 juta dosis per hari

Kapolri, Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengatakan, TNI dan Polri mendukung program program Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang menargetkan 1 juta vaksinasi per hari.

Untuk itu, TNI dan Polri melaksanakan vaksinasi di setiap markas komando di kedua institusi tersebut.

“Maka kami dari jajaran kepolisian bergabung dengan TNI dan tentunya rekan-rekan di Dinas Kesehatan melaksanakan vaksinasi massal secara serentak,” kata Sigit Sigit melalui konferensi pers daring pada Kamis, 24 Juni 2021.

Salah satunya, Polri dan TNI menggelar vaksinasi COVID-19 massal di Lapangan Bhayangkara, Jakarta Selatan, pada hari ini, Kamis, 24 Juni 2021.

“Hari ini ada 2.100 titik yang dilaksanakan, dan khusus titik di sini, hari ini target kami minimal 5.000. Harapan kami sesuai dengan arahan presiden di akhir Juni, masuk di angka 1 juta,” ujar Sigit.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyampaikan, vaksinasi massal juga dilaksanakan di sejumlah sentra ekonomi. Seperti di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, dan Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang.

“Di mana kita ketahui pelabuhan yang cukup padat, maka kami laksanakan vaksinasi serentak. Selain itu, di TNI sendiri, di wilayah remote di wilayah terpencil seperti Kodim, Koramil, Lanud, Lanal, juga melaksanakan kegiatan secara serentak,” kata Hadi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan pemerintah terus menggenjot upaya vaksinasi harian di seluruh Indonesia. Jokowi berharap bulan depan, target pemerintah untuk mencapai vaksinasi sebanyak 1 juta orang per hari sudah bisa tercapai.

“Kita berharap pada bulan ini target vaksinasi Covid-19 per hari 700 ribu itu benar-benar tercapai. Sehingga di Juli kita bisa masuk pada target vaksinasi per hari satu juta,” kata Jokowi saat meninjau program vaksinasi yang digelar di RSUI, Kota Depok, Rabu, 9 Juni 2021.