Site icon NewsIndonesian

Stok PMI Berkurang, Polri Gelar Donor Darah

Jakarta: Pusat Kedokteran dan juga serta Kesehatan (Pusdokkes) Polri menggelar kegiatan donor darah dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta. Kegiatan ini digelar untuk menambah stok darah di PMI yg sangat dibutuhkan selama pandemi Corona.

“Mengatasi itu, dilaksanakan donor darah untuk masyarakat yg membutuhkan,” kata Kapusdokkes Polri Brigjen Rusdianto di dalam keterangan tertulis, Jumat, 11 Juni 2021.

Rusdianto menyebut peserta donor darah berasal berasal dari seluruh perwakilan satuan kerja yg terdapat di Mabes Polri. Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto dan juga serta Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi ikut serta untuk menjadi contoh bagi jajaran.

Rusdianto menargetkan program ini menjaring 500 pendonor darah. Kegiatan donor darah di Ibu Kota diharapkan menambah stok kantong darah milik PMI DKI Jakarta.

“PMI DKI telah siapkan 500 kantong. Semoga dapat diambil semuanya untuk memenuhi stok yg dibutuhkan PMI Jakarta,” ujarnya.

Baca: Tanpa Surat Dokter, Keluarga Pasien Tidak dapat Meminta Donor Plasma Konvalesen

Ketua Pengurus Bidang Anggota dan juga serta Relawan PMI Jakarta, Angger Sutawijaya, mengatakan pihaknya membutuhkan 1.200 kantong darah per hari. Angger menyebut awal pandemi Corona pihaknya cuma mampu mengumpulkan 250 kantong, atau kurang berasal dari 25 persen kebutuhan per hari.

Angger bersyukur berbagai instansi negara dapat menggelar donor darah, salah satunya Polri. Kegiatan ini membantu PMI Jakarta mengumpulkan ratusan kantong darah per hari. Ia berharap kegiatan serupa serta diinisiasi instansi yg lain.

“Kami bersyukur karena yg aktif sekarang di masa pandemi ini abdi-abdi negara. Sedangkan yg bekerja di sektor swasta belum sepenuhnya aktif,” ungkapnya.